5 Hal yang Menyebabkan Mobil Limbung

5 Hal yang Menyebabkan Mobil Limbung

DomoBuffer | Gejala mobil menjadi limbung amatlah sangat berbahaya , apa lagi bagi pengendara pemula. Tak jarang gejala mobil limbung ini datang secara mendadak sehingga ditakutkan sopir tidak siap untuk mengatasi mobil yang dalam keadaan yang berbahaya tersebut. Apalagi bila mobil berada di jalan yang rawan dengan kecelakaan seperti jalan di lereng, bukit, ataupun jalan yang terjal. Oleh sebab itu kita perlu mengetahui apa penyebab mobil menjadi limbung sehingga kita dapat mengatasinya sedari awal. Berikut adalah 5 hal yang menyebabkan mobil limbung :

mobil limbung

Shorb Absorber yang Lemah

Penyebab mobil limbung yang pertama adalah shorb absorber yang lemah. Shorb absorber adalah komponen dalam mobil yang berfungsi untuk meminimalisir gerakan mobil saat melewati area yang tidak rata. Jika shorb absorber melemah, maka gerakan osilasi mobil akan sulit diminimalisir dan menimbulkan getaran yang cukup kuat sehingga menyebabkan limbung pada mobil.

Ban Kekurangan Tekanan Angin

Tekanan angin yang kurang pada ban tentunya akan mempengaruhi gerakan mobil yang lambat dan daya cengkram mobil saat berjalan. Hal ini yang akhirnya mengakibatkan  susahnya ban dalam mengatur keseimbangan. Pastikan kondisi ban dalam keadaan baik dan siap pakai. Lakukan pengisian angin pada bengkel atau SPBU untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan saat di perjalanan.

Adanya Deformasi pada Suspensi

Deformasi atau perubahan bentuk pada sistem suspensi merupakan faktor lain yang menjadi penyebab mobil bermasalah. Beberapa komponen yang mengalami kerusakan seperti stabilizer ban yang tertekuk atau shorb absorber yang rusak, tentunya akan menimbulkan perubahan pada sistem kemudi dan dapat menyebabkan limbung. Melakukan perawatan dan perbaikan rutin ke bengkel resmi tentunya akan sangat membantu untuk menghindarkan mobil dari kerusakan yang berarti.

Kerusakan pada Karet Bushing Suspensi

Penyebab lain adalah karet bushing yang rusak dapat menyebabkan perubahan pada sistem kemudi, seperti sudut camber dan caster. Hal ini cukup berbahaya, karena pergeseran yang terus terjadi saat mobil sedang berjalan, akan mengakibatkan terjadinya hal tersebut tanpa dapat dihindarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *