Efek Sport Damper Yang Dipasang di Mobil

Efek Sport Damper Yang Dipasang di Mobil

Efek Sport Damper – Sport Damper atau lebih dikenal dengan Spring Buffer adalah produk aftermarket yang dipasangkan pada coil spring (per keong) pada kaki-kaki mobil. Tujuan dari pemasangan sport damper adalah untuk mengatasi permasalahan seperti mobil limbung saat melewati jalan yang tidak rata atuapun bergelombang. Prinsip kerja dari sport damper ini adalah meredam goncangan per keong  yang diakibatkan saat mobil melewati jalan yang tidak rata. Permasalahan seperti bunyi gludak-gluduk yang biasanya dirasakan oleh pengemudi ketika melewati jalan yang tidak rata ataupun berlobang dapat diselesaikan menggunakan produk sport damper ini. 

Efek Pemakaian Sport Damper atau Spring Buffer

Selain itu sport damper memiliki benbagai macam kelebihan lainnya. Berikut penjelasannya.

Peningkatan dalam Stabilitas dan Handling Kendaraan

Manfaat sport damper yang pertama dirasakan adalah untuk meningkatkan stabilitas mobil karena itulah sport damper ini digunakan untuk mengatasi permasalahan seperti mobil limbung ketika melewati jalan yang tidak rata selain itu menggunaka sport damper ini dapat meningkatkan handling pada mobil selama berkendara. sport damper ini dapat meredamkan gerakan oskilasi pegas dari coil spring yang terlalu dalam terutama pada keadaan saat menikung sehingga permasalahan seperti mobil limbung, body roll dan bounching dapat berkurang.

Karena sport damper ini dapat mengurangi gejala body roll sehingga pengendalian saat bermanuver serta hal ini juga bertampak baik pada kestabilan mobil meskipun dipacu dengan kecepatan yang relatif tinggi. Oleh sebab itu, mobil-mobil sport pada umumnya memiliki suspensi yang lebih keras karena hal itu demi mendapatkan kestabilan saat manuver meskipun mobil harus terpacu dengan kecepatan yang tinggi.

Dapat Memperpanjang Umur dari Shock Absorber

Dengan menggunakan sport damper pada mobil anda dapat memperpanjang usia dari shock absorber mengapa hal ini bisa terjadi karena sport dampermerupakan alat yang dipasang pada coil spring sehingga secara langsung dapat mempertahankan jarak utama dari coil spring ini sehingga dampaknya akan diterima oleh shock absober berkurang.

Dengan menggunakan sport damper akan berdampak pada shock absorber dan akan meringankan beban karena tekanan dan benturan yang diterima roda dari permukaan jalan secara langsung akan diredam oleh sping buffer terlebih dahulu sebelum diteruskan ke bagian komponen suspensi lainnya. Sehingga bila melihat kondisi seperti ini akan berdampak untuk  mengurangi beban peredaman yang seharusnya terjadi di dalam shock absorber. Oleh sebab itu, hal ini dapat memperpanjang usia pemakaian dari shock absorder karena beban kerja yang berkurang.

Mengurangi Dampak dari Suspensi Ambles

Manfat selanjutnya dari penggunaan sport damper pada coil spring lainnya adalah sport damper dapat mengurangi dampak dari suspensi ambles. Dampak dari suspensi ambles umumnya terjadi akibat beberapa hal seperti muatan yang berlebihan, melewati jalan yang berlubang atau tidak rata, dan lain-lain. 

Efek suspensi ambles ini akan mengakibatkan benturan pada shock absorber sehingga akan menimbulkan bunyi gludak-gludak pada suspensi serta membuat roda gasruk pada body mobil.

Dengan menggunakan sport damper ini dan dipasang coil spring akan berdampak pada suspensi ambles dapat dikurangi serta bunyi-bunyi yang tidak anda inginkan pada mobil anda pada suspensi akibat benturan shock absorber dan roda bisa di minimalisir.

Mengurangi Jarak Pengereman

Manfaat yang dapat dirasakan terakhir adalah sport damper dapat mampu mengurangi jarak pengereman. Meskipun hal ini tidak berdampak secara signifikan namun sport damper mampu untuk meredam gejala penukikan pada bagian depan kendaraan terlebih ketika melakukan “panic bracking” atau pengereman secara mendadak.

Efek yang didapatkan oleh sport damper ini saat meredam penukikan akan secara langsung dapat mengurangi jarak pengereman yang dihasilkan oleh mobil namun sport damper yang dapat memberikan manfaat seperti ini adalah sport damper yang berkualitas.

 

Kekurangan dari Pemasangan Sport Damper 

Meskipun cukup banyak kelebihan dan manfaat yang didapatkan dari pemasangan sport damper ini namun sport damper juga dapat memberikan dampak buruk yang relatif kurang baik. Berikut ini adalah penjelasan mengenai dampak buruk dan kekurangan dari pemasangan sport damper pada coil spring (per keong) pada mobil :

Kenyamanan Mengemudi Berkurang

Kekurangan dari penggunaan sport damper yang pertama adalah membuat berkurangnya kenyamanan saat mengemudi karena Efek dari pemasangan sport damper ini dapat mengeraskan coil spring pada kaki mobil. Kenyamanan dapat berkurang secara signifikan dengan bertambah kerasnya karakter suspensi mobil anda.

Memungkinkan Komponen Lain pada Kaki-kaki Mobil Cepat Rusak

Dengan menggunakan sport damper, maka pegas akan lebih keras, hal ini akan berdampak pada penyaluran guncangan tidak diredam dengan baik. Begitu juga dengan guncangan dari jalan ke sasis dan kaki-kaki. Akibatnya, komponen kaki-kaki akan terimbas dari guncangan tersebut secara langsung dan dapat mengurangi umur komponen kaki-kaki.

Selain itu, ketika shock absorber sudah berumur, peredaman shock absorber terhadap dorongan coil spring tidak dapat diredam oleh shock absorber yang dapat mengakibatkan rusaknya sambungan bahkan dudukan shock absorber.

 

Oleh sebab itu kami dari Dokter Mobil merekomendasikan sport damper Domo Buffer untuk menjadi sport damper yang melengkapi mobil anda. Karena terbuat dari bahan urthrane yang lembut dan flexible sehingga dapat menurunkan presentasi dari dampak butuk yang diakibatkan penggunaan dari sport damper. 

Makanya ketika membicarakan sport damper yang berkualitas Domo Buffer merupakan pilihan yang sesuai. Domo Buffer merupakan sport damper salah satu produk terbaik dari Dokter Mobil sehingga kualitas, garansi, dan manfaatnya tidak usah diragunakan lagi. Lalu apa saja manfaat domo buffer pada mobil anda dibandingkan produk sejenis lain?

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *